MASJID DELAPAN RAMAH

Masjid Tahfidz Ashabul Quran adalah Masjid pertama di Indonesia yang hadir dengan konsep 8 ramah terintegrasi dalam penataan lahan, arsitektur, dan fasilitas.

Dibangun di lahan wakaf 1 hektar dengan view bukit yang indah. Berlokasi di Tobong bata Km 9, Jln Karya, Tanjungpinang.

8 Ramah itu adalah:

1. Ramah Anak
Masjid yang bisa hadir untuk membuat anak betah berlama-lama di Masjid dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.
Disini hadir Taman Hijaiyah, sebuah taman bunga yang bertebaran huruf-huruf Hijaiyah ukuran raksasa warna-warni. Disetiap huruf Hijaiyah akan ada papan informasi yang menjelaskan makhroj dan sifat huruf. Juga teras untuk anak-anak melingkar bersama guru dan belajar mengucapkan huruf tersebut dengan fasih. Anak-anak akan belaajr Alquran dengan membawa kenangan indah dan menumbuhkan kecintaan mereka dengan Alquran.Di taman Hijaiyah ini juga terdapat kolam air untuk anak-anak melepas gerah sambil merendam kakinya di air dan menikmati air mancur di tengah kolam

Selain Taman Hijaiyah juga hadir fasilitas lainnya untuk mendukung kehadiran anak-anak diantaranya Tempat Wudhu khusus anak yang dilengkapi dengan monitor kecil yang akan menampilkan animasi tata cara berwudhu. Perpustakaan anak dengan buku-buku paket ekslusif untuk mereka baca di Masjid. Area bermain anak di sudut belakang Masjid yang aman dan nyaman dengan petugas yang menjaga mereka.

2. Ramah Bayi
Dihadirkan dengan keberadaan toilet khusus bayi, ruang ganti popok dan ruang untuk ibu menyusui. Klinik bayi gratis untuk para ibu berkonsultasi tentang bayinya.

3. Ramah Aqil Baligh
Masjid yang ramah aqil baligh berusaha agar anak-anak yang mulai tumbuh remaja agar tetap semangat dan cinta untuk datang ke Masjid. Diantara kita hadirkan fasilitas track bersepeda, dinding untuk panjat tebing, wahana skateboard, wahana berkuda dan memanah, dan perpustakaan dilengkapi dengan bangku-bangku taman untuk mereka berdiskusi.

4. Ramah Muslimah
Diwujudkan dengan menempatkan tempat wudhu yang langsung terhubung ke ruang sholat muslimah. Ada juga ruang musafir khusus muslimah yang full AC untuk beristirahat sejenak melepas lelah atau menyusui bayinya. Pintu keluar masuk yang terpisah antara ikhwan dan akhwat untuk menjaga privasi muslimah dan area untuk membetulkan jilbab dan melepas kaos kaki dengan sofa yang nyaman didekat ruang wudhu. Ruang peminjaman perlengkapan sholat dengan petugas yang selalu menjaga agar mukenah selalu bersih dan wangi. Ini semua kita hadirkan agar jamaah muslimah semakin nyaman berada di Masjid ini.

5. Ramah Jamaah
Diwujudkan dengan tempat parkir yang luas baik untuk roda 4 dan roda 2 dengan jalan akses keluar masuk yang lebar dibuat 10 meter. Beberapa pendopo untuk jamaah bisa duduk bersama keluarga sambil menikmati suasana Masjid. Kantin sehat disudut masjid bisa menjadi tempat jamaah untuk makan dan minum bersama keluarga. Serta petugas dengan pelayanan standar hotel untuk menjamin setiap jamaah yang datang merasakan keramahan masjid dan ingin selalu untuk datang ke Masjid.

6. Ramah Difabel
Diwujudkan dengan menyediakan akses ramp untuk pengguna kursi roda, tempat wudhu dan toilet khusus difabel, serta lift untuk jamaah yang kesulitan menggunakan tangga.

7. Ramah Musafir
Di Masjid ini tidak akan ada tulisan dilarang tidur di Masjid. Tapi Masjid berusaha agar setiap musafir bisa beristirahat dengan nyaman, aman dan tenang. Maka di Masjid ini dihadirkan ruang khusus musafir dengan tempat tidur yang selalu bersih, kopi dan teh gratis serta petugas masjid yang siap melayani kebutuhan para musafir yang datang ke Masjid ini.

8. Ramah Lingkungan
Masjid berusaha ikut mengkampanyekan zero waste. Bagaimana setiap kegiatan Masjid tidak boleh menghasilkan sampah, seperti tidak boleh menggunakan nasi kotak, aqua gelas, tapi mengunakan wadah-wadah yang bisa dicuci dan digunakan kembali.

Mari ikut serta menanamkan Saham Amal Jariyah kita di dalam pembangunan Masjid ini, bergabung bersama di grup SahaMQu (Sahabat Masjid Tahfidz Ashabul Quran) klik : https://app.pusatalquran.org/donatur/masjidtahfidz

Yuk Bagikan...!!!