Cara Menghafal Alquran Untuk Orang Sibuk

Jangan biarkan hari berganti hari, tahun berganti tahun tapi tidak ada peningkatan dalam interaksi kita bersama Alquran

Jika kesibukan menghalangi kita dari membaca dan menghafal Alquran, maka coba kita renungkan firman Allah subhanahuwata’ala berikut ini

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. (QS. Ar Ra’d ayat 18)

Tidakkah kita mengharapkan ketentraman hati? Maka jangan sampai kesibukan menghalangi kita dari membaca kalamullah.

Agar ditengah kesibukan kita tetap bisa menambah hafalan dan meningkatkan interaksi kita bersama Alquran, ada 5 checklist yang harus kita miliki?

  1. Miliki waktu khusus bersama Alquran, tidak perlu lama cukup 30 menit dari 24 jam yang Allah subhanahuwata’ala berikan kepada kita. Waktu 30 menit ini kita kunci dan komitmen digunakan untuk membaca atau menghafal alquran. Pastinya kita sudah punya waktu khusus untuk bekerja, waktu khusus untuk makan, waktu khusus untuk istirahat, maka pastikan kita juga punya waktu khusus untuk Alquran. Mungkin bisa 30 menit sebelum/setelah sholat subuh, atau 30 menit setelah sholat magrib. Tulislah diselembar kertas dan tanda tangani bahwa ada waktu 30 menit yang kita khususkan untuk Alquran. Jika 30 menit tidak bisa, cobalah 10 menit, jika 10 menit juga tidak bisa cobalah 5 menit. Diawal tidak perlu lama, yang penting kita komitmen dan istiqomah.
  2. Miliki kelompok belajar Alquran. Ini tahapan ke-2 yang harus kita miliki. Dengan punya teman-teman dalam satu kelompok maka akan bisa saling mengingatkan. Kelompok ini juga bisa dalam bentuk grup whatsapp. Bagi yang ingin ikut bergabung dalam kelompak belajar tahsin tilawah alquran klik disini. Untuk yang ingin bergabung dalam kelompok setoran hafalan via online klik disini
  3. Miliki murottal Alquran. Saat ini dengan MP3 Murottal kita tetap bisa mendengarkan alquran sambil melakukan aktifitas harian. Mungkin di kendaraan, lagi istirahat dikantor, lagi masak didapur bisa kita isi dengan mendengarkan murottal Alquran. Pusat Alquran Indonesia juga telah menyediakan layanan Video Murottal Alquran 5 Waktu Sholat yang akan dikirim gratis setiap hari ke Whatsapp. Untuk berlangganan bisa klik disini
  4. Miliki buku tafsir Alquran. Pastikan dilemari buku rumah juga tersedia tafsir Alquran yang sewaktu-waktu bisa kita baca sepulang dari bekerja. Sambil istirahat sore minum teh akan lebih indah dengan membaca tafsir alquran.
  5. Miliki perencanaan kegiatan bersama alquran. Setiap orang pasti sudah menyusun perencanaan yang lengkap tentang pekerjaannya, keuangan dan sebagainya, Maka jangan sampai kita tidak memiliki perencaanan kegiatan bersama Alquran. Mungkin itu dengan menghadiri kajian alquran, atau mengisi akhir pekan sabtu dan ahad mengikuti Mabit bersama Alquran.

Inilah 5 hal yang harus kita miliki agar ditengah kesibukan kita tetap bisa menghafal dan meningkatkan kualitas interaksi kita bersama Alquran.

Yuk berbagi kebaikan ...